Aduw, Ternyata Begini Awal Mula Bus Kupang-Dili Terbakar, Polisi Turun Tangan

 


Bus Babadok bernomor Polisi  A 39001 TL milik Perusahaan Oto (PO) Bus asal Timor Leste Yang melayani Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) rute Kupang – Dili dilalap si jago merah atau terbakar di Jalur Trans Timor. 


Peristiwa nahas itu terjadi pada Selasa (24/09/2024) Siang dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Ekafalo, Desa Nunmafo, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 


Perusahaan Oto (PO) bus asal Dili tersebut diketahui membawa sembilan penumpang dengan rute Dili-Kupang dan dikemudikan oleh dua orang pengemudi yakni Dominggos do Rego dan Nortinho Antonio F. C. 


Kronologi Kejadian Kebakaran Bus Antar Negara, Kupang-Dili Terbakar Di NTT

Awalnya, semua berjalan baik. Namun, setiba di TKP di belakang Bus terlihat asap dan api. Sadar akan hal itu, pengemudi berhenti untuk menurunkan penumpang. Api pun makin besar hingga membakar seluruh bagian belakang Bus, lalu merambat sampai tengah dan menghanguskan semua fasilitas dalam bus. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sejumlah barang milik penumpang ikut terbakar. 

Pengguna jalan dan masyarakat sekitar berusahan memadamkan api seadanya, sebab tidak ada alat pemadam kebakaran seperti APAR di Lokasi, sementara itu, TKP sangat jauh, puluhan kilometer dari kantor pemadam kebakaran TTU sehingga tidak memungkinkan untuk mendatangkan bantuan oleh warga.

Polisi dari Polres TTU dan Polsek Insana langsung turun ke Lokasi, namun tidak bisa berbuat banyak selain mengatur lalu lintas.


Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmat Agus Ibrahim kepada Wartawan, Selasa 24 September 2024 membenarkan adanya kejadian Kebakaran Bus Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) dengan rute Kupang - Dili itu. 

"pada saat perjalanan dibelakang Bus terrlihat api dan berasap, Pengendara menghentikan kend utk menurunkan penumpang tetapi Api membesar membakar seluruh bagian Bus. Terdata Korban tidak ada tetapi Barang bawaan Penumpang tidak bs diselamatkan (terbakar) dgn kerugian sekitar ratusan juta Rupiah," ungkap Rahmat.


Identitas Penumpang  Bus Antar Negara, Kupang-Dili Terbakar Di NTT

Sebagaimana dilansir dari hitsidn.com, bus nahas itu membawa 9 penumpang yang terdiri dari 4 penumpang perempuan dan lima penumpang laki-laki.

Berikut ini, Daftar Penumpang bus Bagong dalam insiden tersebut :
1. Felix Bauer (Lk)
2. ⁠Teresia Septiani Tukan (Pr)
3. ⁠Mariana Da Silva (Pr)
4. ⁠Selestinus Lamanuk (Lk)
5. ⁠Gabriel Doni (Lk)
6. ⁠Martina Correira (Pr)
7. ⁠Marquita De Jesus Soares (Pr)
8. ⁠Haf (Lk)
9. ⁠Apeianis Sane Putra (Lk).

Hingga berita ini diturunkan, bus masih dalam keadaan terbakar, dan sepertinya sopir dan warga sekitar pasrah alias tidak bisa berbuat banyak. 

Polisi dari Polres TTU sedang menyelidiki peristiwa ini. "Polisi sementara Periksa beberapa saksi untuk mengetahui persis penyebab terjadinya kebakaran Bus Babadok di Jalur Trans Timor ini," ungkap Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmat Agus Ibrahim kepada Wartawan, Selasa 24 September 2024.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel